22 September, 2022

Sakit sebagai penggugur dosa

 Tidaklah menimpa seorang Muslim suatu bencana berupa penyakit dan yang lainnya melainkan dengan Allah akan menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya." (HR Al. Bukhari)

Hadist diatas cukup populer, dan ini membuat hati orang orang yang sakit menjadi tenang.

September ini Allah sedang menggugurkan dosa dosaku, semoga Aamin

Sakit telapak kaki, lutut, sembelit, kembung, cantengan  hadir ramai ramai menghinggapi tubuhku.

Ya, penyakit ringan tapi cukup bikin aktivitas menjadi kurang maksimal.

Sakit telapak kaki lebih dari 3 pekan, setelah dideteksi sepertinya asam urat..Aku konsul dr Tika  dan diberi obat vitamin B dan pengurang asam urat. 

Makanan favorit aku adalah sambal. Entah kenapa setelah makan sambal tomat, sembelit menyerang.


Mulailah aku mengkonsumsi makanan favorot suami, pepaya. Akhirnya aku jatuh cinta juga pada pepaya.

Pepaya bukan membuat pecernaan lancar, tapi menjadikan makanan ketika divuang menjadi kotoran tidak keras, tapi lembek, sehingga tidak perlu mengejan dengan berat. Nah yang menyebabkan ambein atau wasir adalah proses mengejan yang terlalu keras.

Penting lagi makan makanan berserat dan banyak minum air putih dan olahraga. nah ketiganya ini masih sulit dilakukan.

Dan jangan lupa selalu berdoa mohon kesehatan pada Allah swt setiap pagi dan petang...



اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّیْ اَعُوْذُبِکَ مِنَ الْکُفْرِ وَالْفَقْرِ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّی اَعُوْذُ بِکَ مِنَ عَذَابِ الْقَبْرِ، لَا اِلَہَ اِلَّا اَنْتَ



Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan penglihatanku. Tiada Ilah (yang berhak diibadahi) kecuali engkau ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kekufuran dan kekafiran, Aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur (tiada Ilah yang berhak diibadahi) kecuali Engkau. (HR. Abu Dawud)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar