26 Mei, 2024

Catatan : TOT Baitul Arqam Aisyiyah Nasional , 24-26 Mei 2024




Catatan TOT BA Nasional* 

-LPMP, 24-26 Mei 2024


_Berangkatlah kamu dalam keadaan ringan ataupun berat dan berjuanglah di jalan Allah dengan  harta dan jiwamu itu labih baik bagimu jika kamu mengetahui_ Attaubah 41



Hari Kamis adalah hari libur nasional, tapi  kegiatan justru sering ya di hari libur .

Kamis siang saya harus bertolak ke semarang untuk mengikuti TOT Baitul Arqam Nasional Regional di Gedung LPMP Semarang.


Saya memilih memakai kereta karena lebih nyaman, meski jalan nga agak memutar.

Alhamdulillah aku diantar oleh suami dan anak ke stasiun, jam 13.00 kereta meluncur menuju Semarang.


Alhamdulillah aku  sampe di stasiun semarang  Tawang pukul 18.13.


Ini baru pertama kalinya saya memakai kereta ke semarang, dan baru pertama kalinya menginjakkan kaki di stasiun Tawang.

Begitu  sampai di depan gerbang  stasiun .ojek online sudah menyerbu menawarkan jasanya.

Karena Aku ingin memesan sendiri melalui aplikasi,  aku menolak dengan halus, sembari mlipir  ke warung untuk membeli minuman. 


Sebenarnya aku berangkat dalam kondisi kurang sehat, 

Radang  yang terindikasi sejak malam kamis menyerang  teneggorokan ku berefek pada

Badan ku yang terasa ngrekes dan mriang. 


Aku harus banyak minum, dan khirnya aku membeli air mineral  di warung di stasiun tersebut, sembari  bertanya pada pemilik warung ." bu disini ada  pangkalan grab ya bu?"

Oh banyak mbak di depan ada grab dan gojek online" kata si ibu.

Ternyata di sebelahku ada  seorang supir go car dan karena tahu aku sedang mencari kendaraan,    dia langsung menyambar."

Pake gocar aja bu sama saya.." 

Berapa  pak "kataku ?" 88.000 saja mbak"

"Wah mahal ya.."kataku

"Bentar pak ...saya mau pake aplikasi saja." Kataku

Akupun membuka aplikasi grab dan tertera disitu harga 66.000

"Maaf pak saya pake grab aja..."

Bapak itu pun tak menyerah, "ya sudah saya ikut saja, tapi tambah ingkos parkir ya mbak ...sama orang yg ngaw ngawe...jadi 73.000


Ya sudah karena bapaknya merajuk terus akhirnya aku ikut saja...

Mungkin ini bisa menjadi pelajaran bagi para kader

Jangan mudah menyerah untuk mencari kader...

Menawarkan diri , Pepet terus, maunya apa...sampe kita benar  benar dapat kader.

Apakagi jika kader itu punya banyak keahlian jangan sampe kita kehilangan momen, nanti keburu diambil sama yg lain😁


Bapak Driver Go-car itupun  mengantarku ke Gedung LPMP. Menuju  arah LPMP,  hujan turun menemani perjalananku.Akhirnya saya pun sampai ke Gedung LPMP disambut oleh Mba Dian Sekretaris MPK Jateng dan Ketua Panitia Ibu Ina Farida.


Setelah beberapa saat menunggu di Lobi, kami pun mendapat kunci. 

Saya satu kamar dengan Ibu Sakinah, namun bu Sakinah baru bermalam keseikan harinya, sehingga malam itu saya tidur sendiri.


Malam itu mba Dian mengajak koordinasi untuk acara besok karena saya kebetulan seksi acara.

Masih dalam suasna letih, kami harus koordinasi agar acara pembukaan besok pagi berjalan lancar.

Ketika Mba Dian mengajak kordinasi rasanya badan ini sudah gak karu karuan ,badanku demam dan tenggorokan ku semakin gatal dan sakit, tapi demi Aisyiyah  dan ini merupakan tanggung jawab, saya harus menunda untuk istirahat.

Alhamdulillah, setelah  koordinasi  dengan Tim Fasilitator dari PP, Mba Dede, Mba Erni, Husnul dan Mba Ninin yang tak perlu waktu lama, jam 22.30 aku menuju ke lantai dua untuk segera beristirahat.


Persiapan acara Pembukaan.


Sebagai seksi acara, saya harus bertanggung jawab agar acara pembukaan besok berlangsung lancar dan sukses.

Saya harus koorindsis dengan MC dan petugas acara lainnya seperti operator video tron, pembaca tilawah dan dirigen yg kebetulan saya sendiri.


*Kendala*

Alhamdulillah secara umum acara pembukaan berlangsung lancar tanpa halangan, namun ada satu yg mengganjal saya dan mungkin teman teman yg hadir di pembukaan.

Ketika menyanyikan lagu Indonesia raya, operator agak kurang lancar mengoperasikan file lagu Indonesia raya, sehingga butuh beberapa menit persiapan untuk menyanyikannya, dan volume suara kurang keras sehingga suara peserta lebih keras dibanding suara iringan lagu indonesia raya yg menyebabkan terjadi ketidaksinkronan  antara tempo iringan lagu dan  suara peserta menyanyikannya.

Iringan lagu  temponya lambat, sementara peserta menyanyikan lagu dengan tempo cepat, karena volume lagu kurang keras.

Tapi hal ini sudah tidak bisa dicegah, karena sudah terlanjur dinyanyikan, dan saya sudah    berupaya memberi  kode namun tidak berhasil.🫢

Saya berharap di lagu kedua volume ditingkatkan agar peserta bisa  mendengar dengan jelas, dan dapat mengikuti lagu dengan baik.Saya pun memberi  kode pada operator untuk menaikan volume  suara.

Alhamdulillah di lagu kedua, peserta bisa menyanyikan sesuai dengan tempo yang ada di lagu mars asiyiyah tersebut.

Alhamdulillah acara pembukaan selesai, saya mengucapkan terimakasih kepada Mba Rina yg sudah menjadi MC dengan suaranya yg empuk. Bu Bariroh yng sudah melantunakan tilawah alquran dengan indah, dan mba Sunarti yg sudah berkenan membawakan baki untuk tanda penyerahan Peserta kepada MOT, juga pada mas Raharjo yang sejak pagi , bahkan sebelumnya sudah menyiapkan design flyer untuk ditampilkan di video tron sehingga semua acara berjalan baik.


Dalam setiap acara pasti ada kendala, mari jadikan kendala itu sebagai pelajaran bagi kita, agar ke depan lebih bisa mempersiapkan diri dengan baik dan kendala bisa diantisipasi .


*Bertemu teman teman lama*

Bagiku arena TOT BA ini juga  sebagai ajang silaturahmi.

Saya bertemu mba Husnul, mba Dede, mba Erni, Mba Hafidz, Mba Erna yg dulu pernah bersama di PPNA, ada juga mba Bening yg lama tak bertemu. Ada juga Mba Arin yng ternyata kemarin baru saja mengisi NA di Kebumen dan diantar ke stasiun oleh anak saya .

Kata Andrea Hirata pertemuan adalah rahasia Tuhan.

Saya tidak tahu rahasia apa yang menjadikan aku bertemu dengan teman teman semua. Yang pasti jika di acara Aisyiyah tentunya sudah bukan rahasia lagi .. insyaallah...di Aisyiyah berisi orang orang sholeh...🥰

Semoga kita digabungkan dengan orang orang yg Sholeh.

Apalagi yg kita bahas  adalah tentang Pengkaderan . bukan Bukan Oengkaderan abal abal ..tapi bagaimana. Dengan Pengkaderan ini  Organisasi Dakwah Aisyiyah semakin kuat...karena kita ingin agama Islam  yg sebenarnya 2 nya ini  benar bisa terwujud . Masya allah


Hikmah

Dari kegiatan ini banyak hikmah yg aku petik, sebagai seorang kader Aisyiyah janganlah mudah menyerah berangkat disaat ringan atau berat..meski flu batuk sebagi bentuk tanggung jawab, saya harus berangkat.

Salah satu aspek Kesuksesan acara ini adalah karena  kolaborasi atau gotong royong .Baik Panitia maupun Penyelenggara juga peaerta yang semangat mengikuti TOT.


Sukses  TOT Baitul Arqam Aisyiyah , banyak hal indah yang aku petik semoga apapun yg terjadi menajdikan kita lebih dewasa dan terus memperbaiki  diri, serta menjadi manusia- manusia terbaik bagi semesta...

Oya saya menulis karena termotivasi teman satu kereta Mba Isna yg suka sekali menulis.

Teman yang memotivasi itu sangat penting.

Maka bergabunglah dengan Aisyiyah yang berisi wanita wanita yg memotivasi dalan kebaikan dan taqwa


Catatan diatas kereta Joglosemarkrto menuju Kebumen

26 Mei 2024.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar