19 April, 2020

Lock down para Nabi

Lock down

Di zaman wabah corona ini,istilah lock down menjadi akrab  di telinga kita.

Lock down sendiri artinya di kunci.

Kalo kita belajar sejarah para Nabi, banyak Nabi Nabi yang mengalami lock down dalam kehidupan nya.



1. Nabi Yunus
2. Nabi ayyub
3. Pemuda Ashabul Kahfi
4. Nabi Yusuf
5. Nabi Muhammad dan Abu Bakar

Nabu Yunus pernah dikunci dalam Ikan Paus karena dibuang oleh awak kapal yg kelebihan muatan, nabi Yunus pergi dalam keadaan marah kepada kaum nya karena kaumnya tidak mau menuruti dakwahnya, akhirnya Yunus pergi dan tidak mau  berdakwah lagi. Akhirnya ketika di dalam kapal, Yunus ditakdirkan Allah yg harus keluar dari kapal, dan akhirnya Nabi Yunus pun diterkam oleh Ikan Paus.Ketika dialam peruut ikan tersebut Nabi Yunus menyadari kesalahan nya, dan bertasbih swrta mhn ampun pada Allah, La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu min adzlimin.


2. Lockdown Nabi Ayyub
Selama 18 tahun Nabi Ayub di lock down dengan sakit parah yang membuat orang orang menjauhinya.
Kekayaan dan anak anaknya pun ikut diambil oleh yang Kuasa...
Tapi Nabi Ayyub tetap bersabar dan bersabar.
Pernah istrinya menanyakan, kenapa engaku tidak berdoa minta kesembuhan.
Kata Nabi

3. Pemuda Ashabul Kahfi di lock down dalam Gua selama 309 tahun. Ya merrka diselamatkan Allah dari Pemimlin zalim dengan menidurkan para pemuda beriman tersebut di dalam Gua ashabul Kahfi. Doa mereka.Rabbana atina minadunka rahmah wa hayyi' lana min amrina rosyada
4. Nabi Yusuf.
Nabi Yusuf di lockdown dalam Penjara karena dituduh berbuat  tidak senonoh dengan majikan nya selama kurang lebih 7 tahun. Disana Nabi Yusuf tetap sabar dan berdakwah.Doa Nabi Yusuf Ya Allah penjara lejih aku sukai dr pada aku berkhianat atau memenuhi ajakan mereka, dan Allah mengabulkan doanya, atas izin Allah Nabi Yusuf keluar dari penjara  dan dibersihkan namanya dan bahkan menjadi Bendahara Mesir.
6. Nabi Muhammaddan Abu Bakar. Ketika mereka di kejar pasukan Quraish, Nabi terlockdown dalam Gua, meski tidak lama, itu cukup meresahkan ,Bahkan Abu bakar merasa resah, lalu Nabi menennagkan abu bakar dan menasehati nya La Tahzan Innalla ma'ana

Banyak juga kisah kisah lain orang orang yg terlockdown, lalu mereka mengambil hikmah di balik itu.
Hamka, seorang ulama besar, di lockdown dalam penjara oleh Sukarno, dan dia tetap sabar dan dia berhasil membuat karya luar biasa tafsir quran  Al ahzar.

Lock down kita sekarang tidak seberat yg dialami para Nabi, kita di kock down karena ada musibah corona, tidak full lock down, tapi masih bisa keluar keluar, bisa ketemu keluarga, masih bisa sesekali ke pasar dll, mari kita gunakan lockdon melawan Corona dengan sabar dan taqwa, seperti yg sudah dilakukan para nabi.

Wallahu alam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar