05 Desember, 2010

The Soloist


Tadi pagi, gak sengaja aku menonton Filem ini. Sudah beberapa kali diputar, cuma aku memilih film lain. Setelah aku liat, meski agak terlambat, film ini bagus juga , Dibintangi Robert Downey Jr yang ganteng itu berperan sebagai Steve Lopez dan Jammie Fox berperan sebagai Nathaniel
Ayers.

Steve Lopez adalah seorang wartawan LA times, yang menemukan Nathaniel di tempat kumuh, dan ingin menolongnya, Nathaniel seorang pemain musik cello yang sangat berbakat, dia pernah bersekolah di Sekolah musik ternama Juliard, dan karena sesuatu hal, mungkin karena masa lalu yang buruk menimbulkan halusinasi di kehidupan nyata Nathaniel sehingga membuat kejiwaanna terganggu, bahkan disebutkan dia menderita Skizofrenia dan akhirnya menjadi gelandangan.

Tapi dia masih membawa alat musik cellonya.

Dengan perjuangannya, bahkan hampir putus asa ,Wartawan tersebut berusaha menolong, bahkan ingin membawanya ke rumah sakit jiwa, meski ditolak oleh Nathaniel , bahkan menyerang sang Wartawan dan hampir membunuhnya

Akhirnya temannya menasehati, agar sang Wartawan tersebut tidak usah terlalu banyak berharap akan kesembuhan Mental Nathaniel, dan menasehati agar Sang Wartawan cukup menjadi temannya.

Akhir cerita, Steve bisa memindahkan Nathaniel dari tempat kumuh, ke tempat yang lebih layak, dan mempertemukan dengan keluarganya, pelan-pelan Nathaniel mulai hidup normal, meski Nathaniel belum sembuh benar dr penyakitnya.Dia masih memainkan musik cello, gitar, dan alat musik apapun di apartem yang diberikan steve.

Cerita yang menyentuh, dan banyak sekali terjadi di sekitar kita. Aku mempunyai seorang karyawan yang dulu pernah tertekan jiwanya,penyebabnya apa, aku kurang tahu, tapi kondisi lingkungan kurang menghargainya .

Dulu, orang-orang suka mencemoohnya.Aku heran dengan keadaan masyarakat yang suka mengejek orang lain. Entah alasannya apa, mengejek itu tidak baik. Beberapa kali dia dibawa ke Rumah sakit .Karena sering marah. Wajar saja marah, kalau diejek pasti marah, aku juga begitu. Sebelum bekerja dengan kami, anak itu sering bermain di rumahku, dan aku melihat sebenernya anak ini baik-baik saja. Dia sehat.Suka mendengarkan musik, dan ramah. Dia sering jalan jalan sambil membawa walkman.

Karena kebetulan kami sedang membutuhkan karyawan, aku memilih dia, dan memang dia bisa bekerja dengan baik, dan sampai sekarang tidak bermasalah. Dan termasuk karyawan yang jujur , rajin, dan sopan, aku sangat menyukainya.

Mungkin di luar sana ada jutaan orang yang tertekan jiwanya karena bertumpuknya masalah, baik mungkin dari keluarga, atau lingkungan, tapi dengan sedikit memberi perhatian dan dukungan serta kepedulian, tekanan itu perlahan akan hilang.Komunikasi, Saling menghargai sesama sangatlah penting.

Ini adalah tentang Memanusiakan manusia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar