05 Januari, 2012

Paduan suara? proyek Rugi????

Kenapa ngotot mengadakan paduan suara yang bisa dibilang proyek rugi?,"seseorang bertanya pada romo.


"Siapa bilang proyek rugi? Ini pendidikan humaniora untuk generasi muda. Banyak hal yang bisa dipelajari generasi muda melalui lomba paduan suara. Saya bangga bisa menyelenggarakannya secara rutin. Saya tidak rugi kalau semua itu demi pendidikan anak-anak bangsa," ujar Romo Tondo dalam nada tinggi


Itulah penggalan dialog yg aku kutip hasil dari searching masalah "bagaimana mengatasi suara Fals"
Aku salut dengan seorang yang tulus seperti romo Tondo. Dia orang yang tulus.

AKu kebetulan melatih secara suka rela anak anak sd muhammadiyah pejagoan, guna menghadapi lomba paduan suara menyanyikan lagu lagu Muhammadiyah.
Mereka sangat sangat butuh bantuan. Menyanyikan Do re mi a sol la si do saja tidak bisa.
Oh My God. Salah satu kekurangan di sekolah ini adalah tidak adanya pendidikan musik. Padahal Musik baik sekali bagi perkembangan jiwa. seandainya adapun, mungkin hanya sekedar. PAdahal aku yakin, bakat bakat musik anak anak ini pasti besar. HAnya tidak ada yang ernah memberi pengetahuan tentang itu.

MAsih ada bahkan yang mengharamkan Musik. Aku yakin kalo NAbi Muhammad saw masih hidup, umat islam wajib belajar mengenai musik.

KArena latihan yang sangat singkat hanya tiga hari, akupun kewalahan mengajari mereka. Untungnya sebelumnya sudah sedikit diajari lagunya. Tapi menghilangkan suara fals mereka susah sekali. Berulang ulang diajari masih saja fals. Akhirnya aku minta mereka menyanyikan : Do re mi fa sol la si do...eh fals juga....heheh.Nadanya selalu kurang...:)

HArus sabar mengajari anak anak. AKu lihat sebenarnya mereka sangat antusias.Mereka suka menyanyi. KArena menyanyi membuat mereka bergembira. Setela begitu banyaknya pelajaran pelajaran yang dijejalkan di otak mereka. 

PAduan suara adalah memaduakan berbagai suara sehinga menjadi satu kesatuan harmoni yg indah, ada kebersamaan dan gotong royong, ada pelajaran untuk tidak ingin meneonjol sendiri. KArena jika ada yang ingin menonjol ya namanya bukan paduan suara.Nyanyi aja sendiri...:D
hemm, seandainya ilmu musik ku sudah kayak romo, bisa buat komposisi musik segala, banyak yang ingin aku lakukan. Sepertinya aku merasa telat belajar Musik. Baru bisa beberapa tahun ini. Itupun masinh sangat minim. BAru bisa main sedikit sekali. Aku ingin kursus lagi. Pingin bisa membaca not balok. Bukan hanya sekedar main asal asalan seperti sekarang.


Banyak yang ingin aku lakukan..Oh Tuhan berilah aku kesempatan itu!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar