17 September, 2018

Bersyukur

Kata Syukur.dalam al Quran disebut 75 kali.
Dan kata Bala/ musibah juga disebut 75 kali.
Apa maknanya, orang yang bersyukur insyaallah akan dijauhkan dari musibah, dan jikapun tertimpa musibah tetap disyukuri sebagai karunia Allah swt.
Bersyukur menurut Imam Ghazali, adalah menggunakan karunia Allah sesuai tempatnya.
Syukur harus di akui dalam hati, bahwa itu Allah yg memberi, diucapkan dengan lisan Alhamdulillah, dan dilakukan dengan perbuatan, menggunakan karunia Allah dan menjaganya dengan baik.
Kita dilahirkan dari perut Ibu kita dalam keadaan tidak mengetahui apapun, dan Allah memberi kita pendengaran, penglihatn dan hati agar kita bersyukur.
Mata, bayangkan kita bisa melihat anugerah Allah yg luar biasa, laut, pohon pohon gunung, dan berjuta nikmat yang Allah berikan tak terhitung jumlahnya. sekali saja kita kena belekan, disitu baru kita sadar penting nya arti mata.
Untuk itu sebagai manusi beriman, kita jaga mata kita, kita rawat, dengan makan makanan bergizi, vitamin A, jangan membaca diruangan gelap, jangan nonton tv terlalu dekat, juga jangan melihat yang diharamkan Allah. Allah membri kita mata, untuk melihat yang diridhai Allah.

Telinga, Allah memberikan anugerah luar biasa berupa telinga, sehingga kita bisa mendengar suara orang lain, dengan iti kita bisa berkomunikasi,kita bisamendengar suara burung, bisa mendengar lagu lagu indah , suara adzan dll.Bayangkan bila pendengaran kita terganggu sedikit saja, misal telinga kita berdengung seperti yang kemarin aku alami selama sebulan ini , barulah disitu kita bersyukur nahwa Allah memberi kita telinga.
Maka mari kita jaga telinga kita, janhan tidur nerdekatan dengan hp, karena radiasi nya menggangu organ tubuh, jaga kebersihan, jangan sering memakai earphone, dengarkan lah hal hal yg diridhai Allah swt.

Begitu juga organ organ tubuh lain yang Allah karuniakan pada kita. Allah memberi kita gigi, mari kita jaga gigi kita dengan membersihkan sehari dua kali.Kalo nabi menganjurkan setiap mau shalat untuk bersiwak/membersihkan gigi. Dalam hadits, disebutkan mebersihkan gigi adalah sunnah dan menimbulkan keridhaan bagi Allah.Allah senang dengan hambanya yang bersih.Dengan bersiwak,   mulut kita sehat dan bersih dan terhindar dari gigi dan gigi kita awet.Coba bayangkan sedihnya jika gigi kita dicabut?

Nikmat harta, rumah yang kita miliki adalah pemberian Allah pada kita, mari kita jaga kebersihan rumah kita agar nyaman ditempati, mari gunakan rumah kita untuk nerjuang di jalan Allah, gunakanrumah untuk pengajian, janhan lupa isilah rumah kita dengan bacaan al qur'an.

Kendaraan yang Allah berikan pada kita, mari kita rawat, bersihkan agar awet, dan gunakan untuk.berjuang di jalan yang diridhai Allah.Jangan pelit2 ., Jika mobil kita dipinjam untuk acara dakwah , atau menolong orang yang kesulitan, karena semua itu adalah titipan dari Allah.
Semua itu nanti nya akan diambil oleh Allah jika Allah sudah berkehendak.
Allah pun telah memberi kita hati, dimana hati ini adalah pangkal kita menentukan baik dan buruk.
Dengan Allah menganugerahi hati, seakan akan Allah memberi manusia  pilihan, dan tahu sebenarnya jalan yg baik dan benar, hanya kadang nafsu sering membutakan hati.
Dalam surat Ibrahim ayat 7 , Allah berfirman pada Nabi Musa,  lain syakartum laazidannakum wa la inkafartum inna idzabi lasyadid, sungguh jika engaku bersyukur akan aku tambah nikmat itu, taoi tika engkau kufur, seungguh adzab ku sangat berat.

Dalam peristiwa itu Nabi Musa diingatkan Allah, bahwa Allah telah menolong Nabi Musa dari kekejaman Firaun yg telah berlaku dzalim, membunuh anak laki laki mereka, memcah belah penduduk mesir, dan untuk itu Nabi Musa dan kaum nya diingatkan Allah agar bersyukur.
Dalam surat an naml 19, Nabi Sulaiman dianugerahi kepandaian berbicara dengan binatang, selain itu belaiu juga dibwri anugerah kerjaan dan kekayaan yang luarbiasa, maka Nabi Sulaiman berdoa agar mohon didorong Allah agar senantiasa beryukur.Kenapa minta didorong? Karena pada dasarnya manusia sering lupa dan ingkar kepada nikmat Allah swt.

Bersyukur dari hal kecil
Barang siapa tidak menyukuri yg kecil, dia tidak juga mensyukuri yang besar.
Sering hal hal kecil yg kita miliki seolah terlupa untuk disyukuri. Kita diberi suami, istri, anak, itu adalah anugerah luarbiasa.
Suami istri anak keluarga , harus disyukuri dengan cara memberikan kasih sayang, perhatian dan pendidikan yang baik. 
Makanan kecil yang sering ada dirumah kita jangan sampai terbuang percuma.
Jika tidak bisa memakan nya, bagilah pada tetangga, kawan, atau karyawan kita.Jangan sampai mubadzir.
Kemarin aku sempat ditegur anakku, nadia.membri aku jilbab biru dimana aku sudah punya jilbab biru 2, aku bukan nya bilang alhamdulillah, malah bilang, kok biru, aku pinginnya yang hitam.
Lalu nadia protes, harusnya ibu bersyukur, astagfirullah semoga Allah mengampuniku.Terimakasih ananda nadia sdh mengingatkan ibu, inilah hasil didikan darushalihat jogja...aku bangga...
Sekecil apapun pemberian orangbpada kita, meski mungkin tak menarik bagi kita, harus kita syukuri.
Disitulah sifat manusi yg selalu rawan khilaf, kita mohon petunjuk dari Allah agar senan tiasa bersyukur.
Maka Nabi berpesan pada Muadz Bin Jabal, agar setiap shalat sebelum salam meminta doa pada Allah untuk bersyukur...
Allhumma ainni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatik
Ya Allah, bantulah aku agar selalu mengingatMu, menyukuri.nikmatMu, dan agar beribadah dengan baik pada Mu..

Aamiin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar