11 Juni, 2016

Saya Mau fokus Ibadah Puasa???

Beberapa hari lalu seorang kawan sms, berpesan agar saya segera menyelasaikan pekerjaan pesanannya,  dan kalu bisa selesai sebelum puasa,karena bulan puasa ini dia mau fokus ibadah.

Hmm, aku mengeryitkan dahi. Maksudnya??

Apa ya urusan dunia bukan termasuk ibadah, menyelesaikan pesanan/muamalah duniawiyah  juga ibadah, jika kita melaksanakan pesanan sesuai dengan yang dipesan dan amanah.
Apa ya iya, selama puasa kita tidak boleh berjualan, atau berbisnis karena itu masalah dunia. Bagaimana dengan pekerjaan dokter, guru, apa ya harus stop selama bulan puasa khusus untuk ibadah?

Sama dengan ketika Ibadah Haji. Banyak yang karena ingin fokus Ibadah, sampai lupa ada hubungan dengan teman se regu dan satu rombongan. Demi Ibadah, tk peduli ada satu teman yang sedang sakit di kamar misalnya.

Orang sering memisahkan antar ibadah hablu minallah dan habluminannas. Mereka lebih mengutamakan Hablu minaLLah, sementara Hablu minannas ditingglkan. 
Padahal, Hablum minnas adalah wujud nyata dari kita hablu minallah
Jika ibadah kita baik dan benar  kepada Allah, akan tercermin pada praktek kita berhubungan dengan manusia.
Kalo Ibadah kepada Allah  benar, pasti hubungan dengan manusia pun baik.

itu sih yang saya fahami. Jadi kalo ada yang bilang saya  mau fokus ibadah puasa tanpa mau mengurusi masalah dunia yang juga menjadi tanggungjawabnya saya kurang setuju.

itu aja sik..

Wallhu a'lam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar