23 Februari, 2010

Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK sering dialami oleh para wanita.
mengapa?
1. karena alat kelamin wanita dekat dengan anus
2.Alat kontrasepsi
penyebab lain diantaranya juga
1. Kurang minum
2. Hubungan seksual
Ngomong2 tentang ISK ini, aku pertama kali kena ISk tepatnya tanggal 6 Juli 2008
yah hari yang bersejarah, sampai aku hafal sampai sekarang. kenapa sampai hafal, karena tanggal 7 Juli 2008 adalah pernikahan adikku Hamid Fuadi dan Tika, jadi inget aja.malam itu tepanya hari sabtu malam, alias malam minggu, sekitar jam 12 malam aku tiba2 terserang sakit luar biasa, pipisnya sakit minta ampun, berkai kali kebelakang untuk pipis, seakan tidak tuntas.Tiba-tiba ketika pipis, airnya keruh seprti kopi, aku jadi was was dan takut, apa ini, gumamku, aku kan gak pernh macem2. terus tiba-tiba daerah pubik semakin sakit, dan pipis mulai berwarna merah. Karena aku bolak-balik ke belakang, akhirnya suami curiga juga. Sementara aku minta dibelikan obat di toko obat, maklum malam minggu apotik pada tutup. Aku diberi antibiotik kalo gak salah. lumayan sediit membantu, tapi masih sakit luarbiasa.
Paginya kita mesti ke Gedung Setda untuk acara resepsi pernikahan adikku. Aku tetap ceria, tidak terlihat bahwa aku sedang mengalami sakit luar biasa.Kadang2 aku berbisik dengan tanteku, bahwa aku lagi kena anyang2 ngan. Bulik ku yg bidan itu membri informasi, diberi cifrofloaxin aja. tapi sepertinya belum sembuh juga.
Di pesta adikku aku sempat menyanyi beberapa lagu, padahal sedanng menahan rasa sakit. kalo masalah menyanyi aku suka sekali jadi gak ingin ketinggalan.
Sampai pesta selesai, baru akum mulai kesakitan lagi di rumah. yah begitulah aku. Aku sadar beberapa hari sebelum menjelang pesta adikku, aku terlalu sibuk hingga lupa kurang minum.

Akhirnya senin aku pergi ke dokter dalam dan diperiksa, siapa tahu ginjalku kena. ternyata aku baik-baik saja. hanya kurang minum.
Dokter memberi resep padaku. dan beberapa hari setelah itu. aku sembuh.
kesehatan mahal harganya, untuk itu jagalah kesehatan sebaik-baiknya. Minumlah cukup air putih, 2 liter perhari atau lebih.

To be continued..............


Tidak ada komentar:

Posting Komentar