19 Mei, 2010

Pendidikan Karekter bangsa, tanggung jawab kita semua...

Ketika aku melihat kerumunan anak2 sd selepas mereka makan snack pembagian gurunya, mereka sama sekali tidak memikirkan kemana sampah2 itu dibuang. berserakan di depan gedung. Aku langsung mendekati anak-anak tersebut untuk mencari tempat sampah. dan membuang sampah2 itu pada tempatnya. Anak2 menanyakan, mana tempat sampahnya bu?, aku jawab, ayo dicari, pasti ada disekitar sini. Akupun mencarinya. dan mendapatkan dus kosong, untuk tempat sampah sementara. Ternyata, anak2 tersbut sudah membuangnya di tempat sampah belakang.

Waktu aku menyakan pada orang2 disekitar situ, orang dewasa maksudku, mereka malah bingung, ngapain saya sibuk2 mencari tempat sampah. rupanya, yang memperhatikan ada sampah berserakan disana cuma aku.

menurutku, mempunyai kepedulian dengan orang sekitar siapapun itu, ketika berbuat tidak baik, adalah tanggung jawab kita. karena mereka adalah masa deoan kita. meskipun anak2 itu bukan anak kita. tapi kita punya tanggung jawab dengan masa depan mereka.

jangan2 setelah besar, karena mereka tidak dididik, akan membuang sampah sembarangan, sehingga seperti kita lihat di kota2 besar, pengelolaan sampah sangat buruk.sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan, banjir, dll.

Aku punya pembantu, yang bernama yu sop. Anaknya 5, yang kecil2 masih 3. nakal2 sekali, meskipun mereka bukan anak saya, saya mempunyai tanggung jawab agar anak2 itu kelak menjadi anak yang berbudi. Mungkin orangtuanya tidak punya waktu utnuk menannamkan contoh2 kebaikan, karena beban berat yang menghimpitnya.

Sering anak2 itu berkata jorok, kasar, buang sampah sembarangan, dan aku tegur. mengajari agar anak2 mengucapkan terima kasih ketika menerima kebaikan seseorang, mengucap salam ketika masuk rumah, dan lain sebagainya.

Jika semua orang mempunyai kepeulian seperti itu, insya allah, masa depan anak2 kita akan baik, anak2 masa depan memiliki karakter, sehingga bangsa ini bisa maju. tidak seperti sekarang ini.
mari kita tingkatkan kepedulian kita kepada sesama.Agar bangsa ini semakin baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar