12 April, 2013

Fragmen di Jum'at pagi






Penjual ikan dan belut yang ramah  itu selalu mampir kerumah menawarkan dagangannya. Pagi itu dia hanya membawa ikan gabus saja, biasanya dia juga membawa belut. lalu aku membelinya 1kg.
Sebelum pergi, seperti biasanya ibu muda yang mungkin baru berusia 27 tahun ini bercerita keadaan rumahtangganya yang semakin hari semakin memprihatinkan. Dia bercerita bahwa dia sering dipukuli suaminya, apalagi waktu dia hamil anak kedua,  yang akhirnya meninggal setelah lahir kedunia.
Suaminya juga sering berduaan dengan wanita lain. Dan tidak pernah memberi nafkah, makanya dia harus berjualan ikan berkeliling dari rumah ke rumah. Terus die cerita baru saja ke Kyai, mau menanyakan apa yang sedang dilakukan suaminya sekarang. lalu dia bertanya padaku, " bu aku mau ke dukun gimana?," lalu kujawab jangan ke dukun. Dosa, syirik itu namnya, nanti sholat kamu tak diterima.
lalu aku menyarankan, dilihat saja dulu, siapa tahu suamimu bisa berubah. Aku tanyakan? apa dia setiap hari masih tidur dirumah?
lalu dia menjawab ," masih bu,
Oh kalo begitu ya bagus lah. Siapa tahu dia bisa berubah, berdo'a dan pasrahkan sama Allah. Terus dia cerita lagi, tapi saya pingin cerai bu, aku dah gak kuat, tapi nanti saya tinggal dimana ya? katanya kebingungan. Rumah itu kan milik kita bersama, gentengnya dari saya bu, katanya polos,"
Berarti mbak belum siap bercerai, kataku, emang rumahnya mau diparo? hehe kataku menggoda,". Begini aja, sekarang sabar dulu, siapa tahu suami bisa berubah, jangan lupa sholat yg rajin, tahajud dll. 

"Iya bu, tapi gimana kalo saya pingin cerai, saya sudah gak kuat bu, tapi saya gak punya biaya, kata suami kalo kamu mau cerai ya sana, tapi biayamu sendiri lo, ungkap penjual ikan berkeluh,"

"Nanti coba tak tanyakan temanku yang pengacara ya, sekarang sabar dulu mudah2 an suami mu berubah menjadi lebih baik..., "kataku.
" oya sudah makasih ya bu kata dia gembira sambil ngloyor pergi dengan sepedanya.

Aku tahu dia menderita, tapi dia masih bisa bercerita sesekali sambil tersenyum, orangnya memang lucu, murah senyum, dan banyak tertawa..semoga nasib baik berpihak padamu...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar