21 April, 2013

Ujian Nasional hemmm

Sekarang lagi heboh UN.
Pertama UN SMA yang kacau karena, banyak soal soal terlambat datang khususnya di luar jawa, karena keterlambatan dari percetakan. Akhirnya ujian pun diundur.
Beberapa akhirnya di fotokopi, dengan kualitas hasil cetak yang buruk, lembar kertas jawaban yang tipis, hingga, ketika mau menghapus, kertas menjadi sobek.

Benar sekali kartun Sukribo kemarin, yang ngatur UN para preman!!!

Yang lebih meresahkan, dan mengkhawatirkan,  siswa siwa sampe ketakutan dan akhirnya pada pergi ke makam, ada yang ke makam gus dur, ada yang ke duku, agar lulus.
Nah disinilah letak kegagalan pendidikan. Belum ujian saja sudah gagal, pendidikan bertujuan agar siswa bisa menggunakan logikanya. Kalo begini saja mereka percaya dengan hal hal yang tak masuk akal, bagaiaman masa depan mereka?

Dulu aku tidak begitu resah dengan Ujian baik ebtanas ataupun Ebta.
Ya belajar seperti biasa.
Anakku Yasmin, waktu ujian nasional kemarin, sakit, dai tidak bisa konsentrasi belajar, aku memintanya untuk istirhat saja. Nilainya turun. Biasanya dia ranking satu, jadi ranking tiga. ya bagiku tidak masalah, yang pentingnilai dia sehari hari bagus, ketika ujian siapapun bisa naik ataupun turun. Karena soal multiple choice tersebut, bisa saja siswa yang hanya mengarang tiba tiba nilai UN nya tinggi.

Jadi secara pribadi aku tidak begtiu mementingkan UN. Terserah Pemerintah.
Toh kita punya sekolah,dari TK sampai perguruan tinggi alhamdulilah Muhammadiyah punya sekolah. Dan saya yakin,  jika tidak diterima di negri, muhammadiyah pasti mau menerima..:)

Harapan saya, anak saya nantinya bukan jadi pegawai, tapi menjadi seorang yang punya pegawai, seperti kata kata Bapak saya almarhum Bp mas'udi ,      " jangan jadi pegawai, tapi jadilah orang yang punya pegawai," belakangan aku tahu kata kata itu juga sering diucapkan oleh suamiku, yang lulusan gontor juga, ternyata kata kata itu dari Kyai Gontor...:)

Gak usah resah kalo nilai kita jelek di UN,  kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh UN tapi, Gabungan  Prilaku , ketrampilan, dan kognisi kita.

So dont be sad  adik adiku sayang...negara sudah bikin kalian ketakutan dan tidak kreatif ayo lawan..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar