04 Desember, 2011

Hikmah di balik Cek Kesehatan

Bapak berinisiatif mengecek kesehatannya. Beliau melakukan general chek up di PKU Muhammadiyah Sruweng. Hasilnya : Kolesterol 218 dan Asam Urat 11. Lainnya alhamdulilah Normal.
YAng menjadi masalah adalah Makanan yang Non kolesterol kadang kadang tidak diperbolehkan oleh Penderita asam urat.Semisal Tahu dan Tempe, sayuran Kangkung, bayam dan Buncis, yang mestinya bisa untuk tambahan Mengurangi kolesterol
betapa rumitnya bukan?

Sebagai Ibu rumah tangga yang mengatur menu makan keluarga, aku sempat kaget juga, menurutku, makanan yang kami makan selama ini cukup sehat. Kami jarang sekali makan hamberger, pizza, donat, dll.

Makanan yang  kamimasak dirumah,  lebih sering makanan laut seperti Ikan, cumi cumi, udang, belut , ayam pun kita pilih ayam kampung. Suami juga tidak merokok dan lumayan rajin berolah raga.

Sayuran setiap hari ada. Cuma, yang tidak kami sadari adalah, kami memang sering mengolahnya dengan menggoreng. Kami sering mengkonsumsi gorengan, mendoan tempe hampir tiap hari, ayam goreng, empal, tempe. Hampir setiap Hari kami tak lepas dari yang namanya "gorengan".

Bisa jadi itu yang membuat kolesterol suamiku tinggi. Dan mungkin juga aku ya? aku belum cek sih...heheh. Kurang lebihnya sama kali,,,:)))

Alhasil, kami bersepakat untuk mengurangi gorengan. Sudah seminggu ini kami tidak menggoreng tempe, diet mendoan, Ikan di pepes, daging di sup,pokoknya diet gorengan.

Kita belum melihat hasilnya, tapi yang pasti
1. irit minyak goreng
2. Tidak langganan mendoan lagi...irit juga kan?
3. Tenggorokan rasanya juga sehat.

Kami mengganti cemilan sore hari yang biasanya mendoan, dengan ubi cilembu rebus, dan jagung manis rebus.
Tadi pagi selepas olah raga pagi di alun alun, aku dan suami ke pasar untuk berbelanja ikan, dan akan kami pepes. Ternyata anak2 mulai mengikuti gaya hidup kami. Suka ikan pepes, sebelumnya juga sih. Kami membeli Ikan kembung dan Ikan Nila. KAmi juga berbelanja aneka rempah rempah untuk keperluan memepes ikan. Yang kemungkinan akan sering kami lakukan di kehidupan kami.

Tidak banyak pilihan memang, tapi kita lakukan demi kesehatan, Mudah2an bisa istiqamah terus.
Tapi kalo ada yg nawarin bebek goreng gimana yah..oh No,....:)))..Oh Yesss....sesekali boleh dong...durian?? mauuuu..:)))



Tidak ada komentar:

Posting Komentar