22 Februari, 2016

Filsafat

Nadia putri ku masuk  di fakultas filsafat, aku terus terang agak takut dan sedikit khawatir, sebagai orang awam, beberapa anak Filsafat  rumornya banyak yang meninggalkan sholat.

Aku wanti-wanti  nadia, untuk  tetap  menjaga sholat, karena itu kewajibanmu pada Tuhan yang menghidupkanmu.
Kalo bisa sering puasa, agar hawa nafsu menjauh dari pikiran.

Kata kaka memang beberapa ada yang gak sholat, tapi banyak juga yang tetap sholat. Yang Gak sholat ya, emang dari dulunya gak sholat.

Mungkin aku "ndeso"  banget ya,sebagai orangtua,  Bagiku, Kalian boleh kehilangan harta, tapi jangan sampai kehilangan iman, dan pegangan. Karena kita orang Islam, Yang kita pegang adalah Al Qur'an dan Hadits.

Tapi aku melihat sejarah Filsafat Islam, ada Al Kindi, Al Farabi, Ibnu Sina, Al Ghazali, Ibnu Rusyd,Ibnu Khaldun, mereka  orang orang yang hebat. Mereka  orang-orang yang berilmu tapi tidak menuhankan Akal, ada wahyu yang selalu menjadi penyandingnya.Jadi Akal dan Al Qur'an seiring dan sejalan

Contohnya Ibnu  Khaldun, Sejarah mencatat bahwa Ibnu Khaldun telah hafal Al Qurán sejak dini atas didikan ayahnya, ia giat mencari ilmu mulai dari belajar Alquran, tafsir, hadist, usul fikih, tauhid, fikih madzhab Maliki, ilmu nahwu dan sharaf, ilmu balaghah, fisika hingga matematika. 
Dengan ilmunya, ia selalu menjunjung tinggi kehebatan Al Qurán dan menggunakan nilai-nilai spiritual dalam kajiannya. Ibnu Khaldun pernah berkata, “Ketahuilah bahwa pendidikan Alquran termasuk syiar agama yang diterima oleh umat Islam di seluruh dunia Islam.
Oleh kerena itu pendidikan Alquran dapat meresap ke dalam hati dan memperkuat iman. Dan pengajaran Alquran pun patut diutamakan sebelum mengembangkan ilmu-ilmu yang lain.”


Ya Allah semoga aku tidak salah dalam menyekolahkan anak anaku, berilah mereka selalu petunjuk MU ya Allah, agar  ilmu pengetahuan dan ilmu agamanya seiring sejalan , untuk kemanfaatan manusia, aamin.


Robbij'alni muqima shalat, wa min dhurriyyati, Robbana wa taqabbal dua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar