12 Juli, 2016

Eyang Kakung

Selama liburan di tegal , ada beberapa hal yang aku amati. diantaranya, eyang kakung setiap hari membaca alqur'an di depan pesawat televisi.selepas makan, atau ketika santai, beliau lagsung menuju kursi di depan pesawat televisi , disana ada meja dan tergeletak alquran besar milik eyang.Eyang kakung yang setengah tahun lalu kondisinya sangat memprihatinkan harus bolak balik rumah sakit karena penyakit jantung yang dideritanya. Obat yang harus diminum beliau puluhan. 10 lebih.
Eyang kakung pernah berkelakar, " ana mau minum obat ini? nanti eyang ganti uang 500ribu,"
Aku hanya nyengir.

Setelah berganti dokter, eyang di sarankan untuk menghapuskan beberapa obat, dan tinggal 2 obat saja setiap hari.Kondisi eyang justru membaik. Hampir setiap hari eyang berenang di laut PAI.
beberapa kawan nya orang china rajin berenang. Ada juga yang mulai malas, katanya nanti ada ular di laut.
Eropa saja sudh menguasai laut, masa kita ke laut saja takut , alasan ada ular, bagaimana mau menguasai dunia" kata eyang.u

Eyaang punya istri lagi?

Kembali ke eyang kakung, suatu malam salah seorang keponakan eyang putri berkunjung. Aku jarang bertemu dengan nya namanya Yu Nap, beliau membawa makanan khas tegal, opor mie dan lontong serta ayam goreng.Dia datang beerta seorang putra, menantu dan dua cucunya.
Aku mengobrol dengan nya, tentang anak anaknya dan lain sebagainya.
Tiba pada suatu cerita, tentang eyang. Yu Nap bercerita, Dulu waktu eyang masih memimpin perusahaan Matahari SS sempat diisukan memiliki istri lain selin eyang putri.
semua tetangga menggosipkannya, hingga akhirnya sang tetangga menanyakan kepada Yu Nap. Akhirnya Yu nap pun melaoporkan  berit tersebut ke Ibu(Eyang Putri).
Eyang putripun kaget, dan tak percaya, memang kenyataan nya tak pernah ada istri yang lain.
Eyang juga bercerita bahwa bapak tak pernah pergi kemana mana kecuali ketika ke jepang dan korea, sehari harinya lebih banyak dirumah, kata yu nap meniruka eyang putri.

Memang ketika eyang memimpin matahari ss, pabrik itu dalam kondisi yang sangat baik dan maju, eyang berhasil memimpin matahari ss. sebagai saksi aku sendiri, ketika aku sd, yang ada di dinding tembok rumahku adalah kalender "Matahari SS" pabrik pengecoran logam yang terkenl di tegal. Kerumah om, tante ku di kebumen, yang ada kalender Matahari SS.Yang ada dalam benak ku, Tegal adalah matahari ss. Aku tak pernah menyangka jika suatu saat nanti aku akan menikah dengan anak salah satu  mantan menejer matahari ss.

Ketika aku modok di pesantren assalam, aku memiliki teman bernama eva. Yang aku tanyakan pada eva adalah, kamu tahu matahari ss? eva pun menjawab, ya itu pabrik besar di tegal

Jika beliau sukses memimpin Matahari SS, dan timbul banyak gosip seperti menikah lagi, dan gosip lain yang menyakitkan hati, itu sangat wajar. Tapi waktulah yang akan menjawabnya.
Eyang selain seorang manajer juga dikenal sebagai ustad, atau kyai yang sering bercermah agama di tegal.

Akhirnya pada suatu waktu, eyang harus mundur dari pabrik tersebut, dan kini pabrik tersebut pun semakin surut wallahu a'lam, alhamdulillah hubungan eyang dengan keluarga matahari ss yang aku tahu cukup baik. Eyang orang yang tegar dan mudah memaafkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar