01 Juli, 2016

Lelaki Kerdus

1 Juli 2016


Aku membuka akun Twitterku, lalu aku melihat sesuatu yang unik, "Lelaki Kerdus " menjadi Trending topic. Aku penasaran, dan aku searching google tentang "Lelaki Kerdus".
ternyata  "Lelaki Kerdus" itu adalah lagu dangdut yang dibawakan seorang anak perempuan yang berisi cacian untuk Ayahnya yang mengkhianati ibunya.

Lirik lagu tersebut sangat tidak mendidik, mencela dengan bahasa yang kasar kepada sang ayah. Meski ayah mungkin banyak kekurangan, kita tidak boleh memperlakukan atau mencela ayah kita. Apalagi melibatkan anak anak untuk membalas perbuatan sang ayah.
Kabarnya si pencipta lagu sudah minta maaf.

Lagu lagu seperti model "Lelaki Kerdus" banyak dikonsumsi anak anak Indonesia di kalangan bawah.Jadi jika tidak distop, lagu tersebut bakalan booming dan dikonsumsi oleh anak anak, dan akan berakibat,  di alam bawah dasar anak, bahwa, mencaci ayah/ibunya sah sah saja.

Saya kebetulan mengasuh anak anak TPQ dari anak anak golongan menengah ke bawah, mereka terkadang membawa HP dan suka memutar musik. Saya sering memperingatkan anak anak didik saya agar hati hati mengkonsumsi lagu. Jika liriknya tidak baik, jangan ditiru.
Kebetulan, 4 anak di TP saya memiliki ayah yang kurang bertanggung jawab, ayahnya mungkin sama dengan yang di maksudkan dalam lagu "Lelaki Kerdus", meninggalkan ibunya, tidak bertanggung jawab, suka judi mabuk dll.
Tapi meski begitu, saya selalu menanamkan pada anak anak, bahwa, kamu tetap harus menghormati Ayahmu bagaimanapun keadaannya. Dan kamu boleh tidak mematuhi jika mereka menyuruh kamu berbuat syirik atau melakukan hal yang tidak benar.

Kemarin, 4 kakak beradik mengaji, adik terkecil yang masih berusia 5 tahun mendorong kepala sang kakak (tidak sopan), karena kesal dengan si kakak. Langsung saya menegur si adik agar berlaku sopan dan hormat kepada kakaknya dan meminta maaf kepadanya.
Akhirnya si adikpun meminta maaf meski agak kesal. 

Betapa pendidikan anak anak terutama dari kalangan tak mampu cukup mengkhawatirkan. Dengan keluarga yang tidak utuh, ekonomi lemah, keadaan mereka semakin memburuk, orang tua tidak sempat memperhatikan anak anaknya karena sudah lelah mencari uang untuk menghidup keluarganya. Siapa yang peduli pada mereka? Apa kita akan diam saja??

Lirik lagu Barat

beberapa lirik lagu barat juga banyak yang tidak mendidik. Mereka mengumpat dengan bahasa yang kasar. Anak saya kebetulan suka dengan Maroon Five, tapi ada beberapa lirik yang berisi umpatan sehingga harus disamarkan . Beberapa lagu barat lain juga seperti itu.

Nadanya sudah bagus, sayang liriknya penuh dengan umpatan. Saya juga sering menasehati anak anak agar mencermati lagu lagu barat yang berisi lirik umpatan. 

Film

Beberapa filem juga tak lepas dari kata kata kotor. Filem peraih Oscar yang cukup bagus , bagus dalam hali ini alur ceritanya, sayang hampir 80% berisi kata kata kasar dan gambar yang vulgar adalah film yang diperankan sangat baik oleh Leonardo DeCaprio yaitu The Wolf of Wall Street terdeteksi  mengandung 506 kata kotor yang diucapkan di sepankang film. 
Jadi saya sarankan jauhkan anak anak dari film ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar