04 Maret, 2014

Riba tidak berkah

Sedang merenung, kenapa barang barang yang aku beli lewat kredit yang berbunga banyak yang rusak, atau tak terpakai? apa ini yang namanya tidak berkah?
1. Aku beli HP lewat kartu kredit, dua duanya sekarang tak terpakai karena yang satu rusak, yang satu gak nyaman dipakai, sementara nokia jadulku sejak tahun 2009 masih awet padahal pernah terjatuh berkali kali
2. Beli Mobil.
Waktu itu aku sudah DP , nah sisanya diangsur lewat leasing,pasti berbunga lah... berkali kali mobil ini mengalami kecelakaan, baru beberapa bulan di pakai sudah diseruduk orang, dan kini sudah 8 bulan mobil di bengkel daihatsu karena belum kelar juga akiubat kecelakaan terakhir di randudongkal,  8bulan saudara saudara. dan selama itu pula sampai sekarang harus mengangsur mobil yang tidak kami pakai.Sepertinya aku akan mengembalikan saja mobil itu ke dealer.

3. Mesin Hidrolis, aku beli 2 mesin hidrolis yang satu kredit, pake bunga tentu saja dan belum lunas sampe sakarang, nah yang satu kredit tapi tanpa bunga,  karena di berikemudahan  boleh angsur oleh  sang penjualnya, orang baik sih...:), ndilalah, yg kredit dengan bunga sampe sekarang kok gak lunas lunas yah? terus gampang rusak juga, yang satu yang tidak pake kredit berbunga, aman aman and fine fine aja, dan sudah lunas, padahal lebih mahal lho mesin nya,

Aku dulu pernah memprotes oarangtuaku yang membeli mobil cash, kenapa harus cash kalo bisa kredit pak? uangnya kan bisa diputar? kataku dulu.
Ternyata, aku salah, kalo memang kita ada uang kenapa tidak beli cash saja?. Tak ada bunga, dan hati kita lebih tentram. Dan kita taat pada Allah.

Mungkin ini yang namanya keberkahan, mudah2 an aku bisa bebas lepas dari pinjam meminjam yang memakai bunga/riba. Lebih baik jika ingin sesuatu, sabar menunggu sampai kita punya uang yang cukup untuk membeli cash. Kesabaran berbuah manis...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar