02 Maret, 2011

Dengarkan Ibu anda




Itulah pidato dari Tom Hooper, sang sutradara Filem The King's Speech, waktu menerima penghargaan sebagai sutradara terbaik oscar 2011.

Yang menginspirasi Tom Hoopper dalam membuat Filem The King's Speech adalah ibundanya. Ibundanya meminta Tom membuat filem ini. Dan Tom mewujudkannya.

Ya, aku salut, orang Amerika yang selalu mendapat cap tidak religius, justru sangat religius. Dia memberi pesan moral pada semua orang bahwa, menghormati orangtua, termasuk Ibu, adalah suatu kewajiban.

Dalam surat Luqman, Allah mewajibkan kita untuk menghormati kedua orangtua kita.
Dan hanya jika orangtua menyuruh kita mempersekutukan Allah saja kita boleh tidak mentaatinya.
Walaupun berbeda pendapat, kita pun di minta tetap berlaku yang baik kepada orangtua kita.

Apalagi jika orangtua kita itu orang yang berpendidikan, religius, rajin ibadah, Shalat tahajud, dan shalat dhuhanya rajin, suka bersedekah, dan tidak pernah berbuat maksiat, sepertinya jika kita tidak mendengarkan orangtua kita, mungkin kita perlu introspeksi. Ada apa dengan kita?

Kenapa? karena Orangtua, Bapak Ibu kita yang sudah melahirkan kita, Ibu yang sudah mengandung selama bulan sepuluh hari, dan menyusuinya selama 2 tahun. Memberi pendidikan dan ajaran yang baik agar kita menjadi orang-orang yang berhasil dan berbudi luhur.

Kecuali jika orangtua kita orang nya jahat, tidak berpendidikan, seperti Ibunda Precious, dalam Filem "Precious" yang diperankan oleh Monique , diceritakan bahwa, Ibunda Precious sering berlaku kasar kepada Precious, suka menghina, dan pekerjaannya hanya mabuk dan judi.

Tapi jika orangtua kita orangnya baik, taat beribadah, kita harus mendengarkannya, karena pastinya orangtua ingin yang terbaik bagi kita.
Ridho Allah ada pada ridho orangtua.

Begitu banyak pengalaman di luar sana, bahwa orang-orang yang berhasil dibidangnya adalah orang-orang yang sangat dekat dan taat pada Ibunya. Ada Hadits nabi yang mengatakan "Surga ada dibawah telapak kaki Ibu".
Do'a Ibu sangatlah mujarab, untuk itu, mari selama kita masih memiliki orangtua, melakukan yang terbaik, melakukan hal-hal yang membuat bangga kedua orangtua kita. Dan selalu mendo'akannya, karena Mereka yang telah memelihara dan menyayangi kita sejak kecil. Do'a anak yang sholeh termasuk amal yang tidak akan putus selama-lamanya.

Love you Mother, Father, semoga aku bisa menjadi yang terbaik bagimu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar