23 Januari, 2014

Menjaga Lisan

Sudah hampir 5 bulan, tak terasa waktu begitu cepat berlalu
setiap sore aku  mengajar TPQ di mushola  belakang rumah
awalnya hanya tiga, kini sudah berjumlah 12 anak

Ada yang pintar, ada yang biasa biasa saja
Tapi semua punya kesempatan yang sama untuk menimba ilmu agama

Salah satu yang menjadi kegelisahanku adalah
anak anak sering berkata kata yang kurang sopan
sering memanggil dengan gelar yang buruk
mengumpat dan lain lain

Siapa yang salah? anak sekecil itu pasti belajar dari orangtua atau lingkungan
Mereka mendengar kata kata yang kasar dan mengikutinya
dan akhirnya menjadi kebiasaan

Tapi aku tak lelah untuk terus mengingatkan anak anak didikku
Aku akan berusaha sekuat tenaga memberi pendidikan agam yang baik pada mereka, meskipun
mungkin ketika kembali ke rumahnya mereka akan mengulanginya lagi

tapi aku masih terus berharap mereka akan menjadi manusia manusia hebat
yang memiliki sopan santun dan akhlaq yang mulia

Di dinding mushola aku tempel hadist hadits nabi
tentang pentingnya menjaga lisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar