03 Mei, 2015

Shalat Shubuh Berjamaah #6


4 Mei 2015

Ini adalah shalat Jamaah shubuh ke 6, Shalat Jamaah Shubuh kali ini semakin semarak, setelah kuhitung, jamaah pria 9 orang, wanita 4 orang.Yap Jumlahnya 13 orang. Terbanyak selama aku shalat disana.
Wah Erdogan Effek mulai bekerja sepertinya....:)

Gadis kecil itu datang lagi, meski agak terlambat. Dia datang ketika iqamat dikumandangkan.
Gadis kecil itupun tergesa gesa masuk dan bergumam lirih " terlambat"..
Yang aku lihat jamaah baru kali  ini ada Khusnul Fajri , aku biasa memanggilnya Unul.Masih sepupu saya.
Anak kecil laki laki yang datang bersama bapaknya juga ikutan jamaah. Jadi semua jamaah lengkap ditambah Unul, sepupu saya.

Pagi ini suamiku yang mengisi Kultum, beliau menyampaikan sebuah ayat  dari surat Ar Ruum 42 sbb:
Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”

beliau menyampaikan, bahwa Kesyirikan itu ada dalam pikiran kita, bukan benda nya. benda bersifat netral. Pikiran kita lah yang membuat kita berlaku syirik.

Beliau mencontohkan, ada seorang walimurid sebuah sekolah yang memprotes berwisata ke borobudur, borobudur dulu pernah dijadikan tempat pemujaan, nah menurut walimurid tersebut.
Tidak ada yang salah dengan Borobudur, apalagi sekarang sudah berubah fungsi menjadi tempat wisata. Tidak ada lagi pemujaan disana. Begitu juga dengan Piramid.

Justru AlQur'an mengajarkan kita agar kita belajar bagaimana kesudahan orang orang yang mendustakan Allah, dengan mempelajari sejarah temat temat tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar