22 Juni, 2020

*Wanita Terbaik*


Dalam Surat Attahrim 11-12 Allah memberi _perumpamaan_ wanita terbaik yg bisa menjadi teladan  bagi orang orang beriman, yaitu Asiyah istri Fir'aun dan Maryam ibunda Nabi Isa as sbb

_Dan Allah membuat istri Fir’aun sebagai perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika istri Fir’aun berkata: “Wahai Rabbku, bangunkanlah untukku di sisi-Mu sebuah rumah dalam surga. Dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang dzalim.” (Perumpamaan yang lain bagi orang-orang beriman adalah) Maryam putri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat-kalimat Rabbnya dan kitab-kitab-Nya, dan adalah dia termasuk orang-orang yang taat. (At-Tahrim: 11-12)_

Asiyah adalah istri Fir'aun, tapi tetap teguh  menjaga keimanan nya pada Allah.Dia tidak terpengaruh dengan kekafiran Fir'aun suami nya sendiri.
Karena keteguhan iman nya, dia rela dihukum dan ketika menjalani hukuman, Asiyah berdoa : _"Ya Allah bangunkan aku sebuah rumah di surga"_

Bagi para wanita muslimah yang  kurang beruntung, atau memiliki suami yang yang berakhlak buruk penting kiranya meneladani kisah Asiyah . Agar, kondisi demikian tidak membuatnya lemah, dan semakin jauh dari agama, akan tetapi sebaliknya, Ia malah lebih menjadi kokoh dan teguh pendirian.

Maryam, adalah Ibunda Nabi Isa as, Maryam disebut dalam Al quran sebagai wanita yang menjaga kehormatannya, dan taat beribadah.Maryam lebih suka berdiam diri mendekatkan diri pada Allah dibanding perempuan lain di masanya.

_Siapa wanita terbaik lainnya?_

Nabi  Shallallahu'alaihi Wasallam  dalam sebuah hadits dari Imam Ahmad, menceritakan bahwa, Nabi membuat suatu garis di tanah sebanyak empat garis, lalu bertanya, "Tahukah kalian apakah ini?" Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: (ini menggambarkan)wanita-wanita ahli surga yang paling utama.(yaitu) Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiah binti Muzahim bekas istri Fir’aun.

Dari hadits diatas disebutkan wanita terbaik lainnya adalah Khadijah dan Fatimah

Khadijah adalah wanita pertama yg beriman pada Nabi, sekaligus dengan suka cita mendukung perjuangan suaminya memberikan harta dan jiwanya untuk perjuangan dakwah Nabi.

Fatimah, adalah putri Nabi, dikisahkan Fatimah adalah wanita yg taat beribadah dan suka bersedekah, meski Putri seorang Nabi, hidupnya sangatlah sederhana.

_Bagaimana dengan Aisyah?_

Dalam Hadits berikut Nabi bersabda


"كَمُلَ مِنَ الرِّجَالِ كَثِيرٌ، وَلَمْ يَكْمُلْ مِنَ النِّسَاءِ إِلَّا آسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ، وَمَرْيَمُ ابْنَةُ عِمْرَانَ، وَخَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيلد، وَإِنَّ فَضْلَ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيد عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ"

Banyak dari kaum lelaki yang mencapai kesempurnaan, tetapi tiada yang mencapai kesempurnaan dari kaum wanita selain Asiah binti Muzahim bekas istri Fir’aun, Maryam binti Imran, dan Khadijah binti Khuwalid. Dan sesungguhnya _keutamaan Aisyah_ di atas kaum wanita sama dengan keutamaan makanan Sarid di atas makanan lainnya.

Aisyah
Aisyah juga seorang wanita terbaik yg bisa menjadi teladan bagi kaum wanita muslim

Keunggulan Aisyah selain cerdas, menguasai ilmu kedokteran, syair dan fiqih juga banyak meriwayatkan hadits, Aisyah juga sederhana dan banyak bersedekah.

Apa makna Allah memberi perumpamaan diatas?
Allah hendak menyampaikan kepada hamba hamba nya yg percaya, bahwa jika ingin mencontoh wanita terbaik,  bukan dilihat dari kecantikan fisik atau dari harta, lihatlah dari segi _keimanan dan ketaqwaan_ nya kepada Allah.Wanita  terbaik dalam pandangan Allah adalah wanita yg bisa menjaga kehormatannya, taat beribadah, memiliki hubungan yg baik dengan Allah ,d sabar, dan banyak

beramal sholeh untuk mencari keridhoan Allah semata.

Kultum 22 Juni 2020
Wallahu a'lam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar